Sabtu, 13 April 2013

Qoul Salaf 2


Ibnu qoyyim berkata:
“Jika tujuan seorang hamba diwaktu pagi dan petang  adalah akherat, maka Allah akan menanggung seluruh kebutuhannya ia pun akan memeperolah apa yang menjadi tujuannya hal itupun dilakukan dengan memenuhi hatinya dengan kecintaan kepada Allah ta’ala.”
Hasan bin tsabit berkata:
“Tidak ada satupun dari kami yang berbuat kepada tetangganya dengan menyakiti atau mencubitnya. Sebab, kami mengetahui bahwa hak tetangga adalah amanah yang dijaga oleh orang-orang yang mulia diantara kami.”
Amir bin Abdu Qois berkata:
“Ketika aku mencintai Allah dengan tulus, Dia akan memudahkan segala musibah yang menimpa. Memberikan keridhoan kepada setiap masalah yang dihadapi. Oleh karena itu Demi cinta ku kepada-Nya aku pernah peduli dengan masalah ku pada pagi dan siang.”
Abdullah bin Mas’ud berkata:
“Allah ta’ala lebih sayang kepada hamba-Nya ketika dia mendatangi-Nya dan bertemu dengan-Nya. Daripada seorang ibu yang menghamparkan sebuah tikar untuk anaknya ditempat yang gelap.”
Sufyan Ats-Tsauri berkata:
“Sesungguhnya aku sangat ingin minum air, lalu ada seseorang yang mendahulukan ketempat air lantas menuangkan minum untukku seolah-olah ia telah mengetuk salah satu tulang rusukku yang tidak mampu aku mamblasnya.” (Mawa’izuhul Imam Sufyan Ats-Tsauri, hal 94)
Ibnu Taimiyyah berkata:
“Surga dan tamanku ada didalam dadaku, maka penjaraku adalah tempat menyendiriku dan jiwa ku adalah wisatanya, sedangkan terbunuhnya aku adalah syahadah.”
Ibrahim bin adham berkata:
“Seandainya para raja dan anak-anaknya tahu apa yang ia rasakan berupa perasaan tentre karena Allah dan kebahagiaan dengan ridho-Nya. Maka pasti akan memerangi kami dengan pedang-pedang mereka.”
Manshur bin Al-Mu’mar rahimahullah:
“Ya Allah jadikanlah semua urusan kami berada dalam petunjukmu. Jadikanlah  taqwa sebagai bekal kami. Jadikanlah jannah sebagai temapt tinggal kami. Jadikanlah kami orang yang bersyukur dengannya Engkau ridho kepada kami. Berikanlah kami sikap wara’  yang menghalangi kami dari maksiat kepada mu berikanlah kepada kami kemulian.  Akhlak yang dengannya kami bergaul dengan manusia berikanlah kami kecerdasan yang bermanfaat untuk kami.”

0 komentar:

Posting Komentar

 
;